yes
no
5/Information/slider
no

Ketahui Lebih Dalam Tentang Content Management System

Tidak ada komentar

Content Management System atau yang biasa disingkat dengan CMS bukan lagi hal asing bagi mereka yang berprofesi sebagai web developer. Tetapi, bagi orang awam yang baru ingin mengenal lebih dalam mengenai dunia teknologi, tentu CMS merupakan salah satu hal yang wajib untuk di ketahui dan dipelajari. CMS atau Content Management System merupakan sebuah software atau aplikasi berbasis website yang digunakan untuk mengatur, mengelola, mendistribusikan dan memanipulasi data pada website. Dengan adanya CMS, maka pengelolaan sebuah website bisa dilakukan oleh beberapa orang yang memang diberikan akses untuk mengelola website tersebut. Pengelolaan website melalui CMS meliputi membuat, mengedit, menghapus, mempublikasikan atau mendistribusikan data, konten, dan informasi.

Selain itu, CMS juga memungkinkan user untuk melakukan pengelolaan website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman, sehingga aktivitas pengelolaanya dapat dilakukan oleh siapapun. Tetapi, jika ingin melakukan editing atau modifikasi besar pada sebuah website, tentunya anda harus menguasai bahasa pemroggraman untuk menguasainya. Berikut ini merupakan berbagai hal yang bisa anda lakukan dengan menggunakan CMS atau Content Management System, yaitu :
  • Membuat, mengedit dan mempublikasikan halaman atau artikel yang ada didalam sebuah website dan blog.
  • Menambahkan atau mengedit penjelasan mengenai event yang akan diadakan oleh website anda pada event kalender.
  • Melakukan penambahan atau pengeditan inventaris atau produk yang dipajang dan dipasarkan melalui website anda.
  • Membuat dan mengedit user yang memiliki akses berbeda.


Content Management System atau CMS tersusun atas dua elemen dasar, yaitu :
  • CMA (Content Management Application) : menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk mengolah atau melakukan pengaturan konten.
  • CDA (Content Delivery Application) : Aplikasi atau fasilitas yang bisa diperbaharui dengan situs web menggunakan informasi yang sebelumnya telah digunakan oleh user.


Content Management System yang paling banyak digunakan adalah wordpress dan blogger. Hal ini karena kedua jenis CMS tersebut juga memberikan domain gratis dengan berakhiran wordpress.com atau blogspot.com sehingga banyak orang awam atau pemula yang tertarik menggunakan CMS tersebut. Selain itu, CMS dari wordpress dan blogger juga memiliki tampilan yang menarik dan bagus serta dinilai user friendly karena bisa digunakan oleh siapapun tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Tetapi, selain wordpress dan blogger, ada juga beberapa jenis CMS lainnya yang juga sering digunakan, yaitu :

Drupal

Drupal merupakan salah satu jenis CMS yang bersifat open source atau dapat dikembangkan secara bebas. Saat ini, jumlah pengguna atau pengembang drupal sudah mencapai ribuan dan telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Drupal menggunakan lisensi GPL yang dibangun dengan menggunakan bahasa PHP. Selain itu, drupal juga bisa dipasang di beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQlite, dan sebagainya.

Joomla

Joomla merupakan jenis CMS yang menggunakan lisensi GPL dan juga bersifat open source. Selain itu, joomla dibuat menggunakan bahasa PHP dengan menggunakan database msSQL. Joomla juga memiliki berbagai fitur menarik yang dapat meningkatkan performa website seperti sistem cache, RSS, blogs, dan lain - lain.

Magento

Magento merupakan jenis CMS yang sering digunakan dalam pembuatan e-commerce atau toko online. Magento juga memiliki berbagai fitur lengkap dan menarik. Awalnya, CMS ini bersifat open source atau dapat dikembangkan oleh siapapun. Tetapi, seiring dengan pengembangan yang dilakukan, kini magento juga tersedia dalam versi komersil atau enterprises.

Demikianlah pembahasan mengenai Content Management System pada kesempatan kali ini. Nantikan informasi menarik lainnya pada artikel berikutnya.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

no
IlmuWebHosting.com adalah tempat berbagi ilmu tentang teknologi Web Hosting dan tempat berbagi informasi Perkembangan tekonologi Web Hosting. Jadikan IlmuWebHosting.com pilihan tepat dalam berbagi ilmu Web Hostng. [IlmuWebHosting.com] (https://lh4.googleusercontent.com/-CW5Chrq_PNg/VSlIzfS5FhI/AAAAAAAAABk/DEpohQjTCyk/s500-no/ilmuwebhosting-logo.png)